Perancangan Video Profile UMKM Istana Buah di Trawas Sebagai Media Promosi dan Identitas Visual

Authors

  • Yudha Delonix UHW Perbanas
  • Aditya Rahman Yani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Bayu Setiawan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/gestalt.v7i1.440

Keywords:

UMKM, Video Profil, Promosi Digital, Identitas Visual, Istana Buah Trawas

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan lokal. Salah satu UMKM yang bergerak di sektor pertanian dan oleh-oleh adalah Istana Buah, berlokasi di kawasan wisata pegunungan Trawas, Jawa Timur. UMKM ini menawarkan berbagai buah segar dan olahan keripik sebagai alternatif oleh-oleh bagi wisatawan. Namun, keterbatasan media promosi membuat eksistensi UMKM ini belum dikenal secara luas oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah video profil sebagai media promosi digital yang mampu memperkenalkan identitas, suasana, serta produk dari Istana Buah secara menarik dan informatif. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan bantuan teknik analisis 5W1H (What, Who, Where, When, Why, dan How) untuk menggali potensi dan kebutuhan promosi UMKM secara komprehensif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa video profil berperan penting dalam membangun citra usaha, meningkatkan daya tarik konsumen, dan memperluas jangkauan pemasaran UMKM secara digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Delonix, Y., Yani, A. R., Setiawan, B., & Chidtian, A. S. C. R. E. (2025). Perancangan Video Profile UMKM Istana Buah di Trawas Sebagai Media Promosi dan Identitas Visual. GESTALT : JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 7(1), 89–104. https://doi.org/10.33005/gestalt.v7i1.440