https://gestalt.upnjatim.ac.id/index.php/gestalt/issue/feed GESTALT : JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2024-06-03T03:19:06+00:00 Pungky Febi Arifianto pungkyarifianto.dkv@upnjatim.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal GESTALT merupakan terbitan berkala ilmiah Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Arsitektur dan Desain, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Jurnal Gestalt Terbit dua kali setahun pada bulan juni dan nopember.</p> <p>Jurnal Gestalt memuat artikel dibidang pengkajian atau penciptaan seni rupa dan desain yang meliputi: sejarah seni dan desain, ilustrasi, tipografi, fotografi, grafis lingkungan, promosi, metodologi desain, metode grafika, animasi, web desain, game dan multimedia interaktif, marketing komunikasi, komunikasi dan media, audiovisual, videografi, desain kemasan, branding, kampanye sosial, industri kreatif, budaya visual, film, sosiologi seni dan desain, menejemen seni dan desain, antropologi seni dan desain, kritik seni.</p> https://gestalt.upnjatim.ac.id/index.php/gestalt/article/view/181 Bijak Makan: Instagram Campaign Mitigasi Perubahan Iklim dengan Strategi Kreatif Makanan Lokal Rendah Karbon 2024-05-13T02:42:08+00:00 M Harun Rosyid Ridlo harunrosyid@isi-ska.ac.id Exa Syafina Jullyan Risqita exasyafinajr@gmail.com Fani Amalia fanyamelia1202@gmail.com <p style="font-weight: 400;"><em>Perubahan iklim menjadi isu yang selalu hangat diperbincangkan dalam beberapa dekade terakhir. Kendala utama komunikasi perubahan iklim adalah kurangnya kesadaran masyarakat soal urgensi dampak perubahan iklim. Masyarakat masih menganggap bahwa perubahan iklim adalah masalah sains, padahal berdampak besar pada kehidupan sosial. Maka, perlu adanya strategi komunikasi yang mudah diakses, berkaitan erat dengan audiens, dan mampu membangkitkan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi kreatif komunikasi melalui kampanye online di layanan jejaring sosial Instagram. Pesan utama dalam kampanye ini adalah mitigasi perubahan iklim melalui konsumsi makanan lokal rendah karbon. Proses perancangan dilakukan dengan metode desain yang terdiri dari discovery, planning, creative, dan application. Hasil perancangan dapat memberikan gambaran bagaimana menyusun strategi komunikasi kreatif dan visual dalam kampanye mitigasi perubahan iklim melalui layanan jejaring sosial Instagram.</em></p> 2024-06-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 M Harun Rosyid Ridlo, Exa Syafina Jullyan Risqita, Fani Amalia https://gestalt.upnjatim.ac.id/index.php/gestalt/article/view/187 Perancangan Buku Fotografi Perkembangan Olahraga Skateboard di Kabupaten Malang 2024-05-17T03:14:19+00:00 Muhammad Abdul Aziz 192111055@mhs.stiki.ac.id Ahmad Zakiy Ramadhan zakiramadhan@stiki.ac.id Addin Aditya addin@stiki.ac.id Adita Ayu Kusumasari adita.kusumasari@stiki.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah buku fotografi yang menggambarkan perkembangan olahraga skateboard di Kabupaten Malang, dengan fokus pada Malsel Sk8 sebagai studi kasus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa olahraga skateboard telah mengalami perkembangan yang signifikan di Kabupaten Malang, dengan Malsel Sk8 sebagai salah satu komunitas utama yang berperan dalam mengembangkan budaya skateboard di wilayah tersebut. Melalui buku fotografi yang dirancang, diharapkan dapat lebih memperkenalkan dan mengapresiasi perkembangan serta kontribusi Malsel Sk8 dalam memajukan olahraga skateboard di Kabupaten Malang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya dokumentasi visual dalam memperkuat identitas dan mempromosikan kegiatan olahraga di tingkat lokal, serta potensi besar yang dimiliki oleh komunitas skateboard dalam memengaruhi perkembangan budaya olahraga di wilayah tersebut.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><em>This research aims to design a photography book that illustrates the development of skateboarding sports in Malang Regency, with a focus on Malsel Sk8 as a case study. The research method used was qualitative research with a case study approach. Data was collected through observation, interviews, and documentation. The results showed that skateboarding sport has experienced significant development in Malang Regency, with Malsel Sk8 as one of the main communities that play a role in developing skateboarding culture in the region. Through the photography book designed, it is hoped that it can further introduce and appreciate the development and contribution of Malsel Sk8 in advancing skateboarding sports in Malang Regency. The conclusion of this research is the importance of visual documentation in strengthening identity and promoting sports activities at the local level, as well as the great potential that skateboarding communities have in influencing the development of sports culture in the region.</em></p> 2024-06-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Abdul Aziz, Ahmad Zakiy Ramadhan, Addin Aditya, Adita Ayu Kusumasari https://gestalt.upnjatim.ac.id/index.php/gestalt/article/view/191 Perancangan Website Penunjang Bahan Pelengkap Study Tour Siswa Sekolah Menengah Di Museum Bank Indonesia 2024-05-22T04:01:45+00:00 Nadia Mahatmi nadia.mahatmi@umn.ac.id Frindhinia Medyasepti frindhinia@umn.ac.id <p>Study tour<em> adalah bagian penting dari pendidikan siswa sekolah menengah. Salah satu destinasi </em>study tour<em> yang paling disukai adalah museum. Namun, selama pandemi, museum menghadapi kesulitan akibat pembatasan sosial. Sebagai solusi untuk pembatasan sosial, museum membuka tur virtual menggunakan media situs </em>web<em> 360°. Sayangnya, situs </em>web<em> 360° masih belum optimal. Penelitian ini akan berfokus pada perancangan situs </em>web<em> 360° untuk mengoptimalkan pengalaman </em>study tour<em> bagi siswa sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi literatur dan studi kasus. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat menjadi referensi dalam merancang situs </em>web<em> 360° untuk meningkatkan pengalaman </em>study tour<em> virtual.</em></p> 2024-06-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nadia Mahatmi, Frindhinia Medyasepti https://gestalt.upnjatim.ac.id/index.php/gestalt/article/view/188 Analisis Representasi dan Budaya Visual Logo Haus! Terhadap Brand Attractiveness di Kalangan Anak Muda 2024-05-16T06:42:55+00:00 Vivi Varlina vivi.varlina@universitaspertamina.ac.id Chintya Maulini 106122002@student.universitaspertamina.ac.id <p><em>A logo is a key element in forming visual perceptions that form a brand image. This research examines Logo Haus as a new brand, which has succeeded in attracting the attention of young people. This study uses a descriptive qualitative approach that connects visual elements through Gestalt analysis and cultural studies. The research results found that the use of the Gestalt visual representation of the Haus! can create a cohesive and attractive impression. An in-depth analysis of the visual representation of this logo also provides insight into how logo design influences brand appeal in the context of popular culture and youth trends. The use of a combination of picture mark and letter mark logo type through the choice of colors and neat element representation, helps shape the Haus! Indonesia is connected to popular culture and is of interest to the younger generation.</em></p> 2024-06-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Vivi Varlina, Chintya Maulini https://gestalt.upnjatim.ac.id/index.php/gestalt/article/view/174 Estetika Visual dalam Industri Hiburan Korea: Analisis Budaya Populer Y2K dalam KPop Group NewJeans 2024-05-10T04:44:25+00:00 Amara Hayrani Himawan hayranihamara@gmail.com Nanang Ganda Prawira nananggandaprawira62@upi.edu <p>Estetika visual <em>Year of 2000 </em>yang mencakup elemen futuristik, warna cerah, dan inspirasi teknologi yang tampak dalam desain, mode, musik, dan budaya populer, menjadi tren nostalgia yang kembali diminati saat ini bermula dari sebuah <em>Bug</em> Y2KTop of Form. Tahun 2000 atau yang dikenal dengan istilah Y2K, merupakan tren populer dengan banyak peminat dan dimanfaatkan berbagai sektor sudah dapat dikategorikan dalam Budaya Visual. Salah satu sektor yang memanfaatkan tren ini adalah industri hiburan Korea tepatnya industri musik K-Pop. Pada 2022 HYBE dan ADOR memproduksi grup K-Pop dengan konsep yang berbeda dan menggunakan Y2K sebagai estetika dalam mengemas grupnya, yaitu NewJeans. Konsep yang segar dan unik jika dibandingan dengan kebanyakn grup korea masa kini membawa NewJeans pada popularitas luar biasa, belum genap 1 tahun NewJeans sudah mendapatkan banyak mempengaruhi tren-tren menjadi sangat populer.</p> 2024-06-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Amara Hayrani Himawan, Nanang Ganda Prawira https://gestalt.upnjatim.ac.id/index.php/gestalt/article/view/189 Ilustrasi 360 Derajat Tentang Camilan Indonesia 2024-05-14T00:54:56+00:00 Amelia Agustina Herlijanto amel.agustina@stts.edu Eirene Kezia Elizur amel.agustina@stts.edu <p><em>Memperkenalkan budaya dapat dilakukan melalui makanan. Penelitian ini berusaha membuat ilustrasi yang menarik mengenai camilan Indonesia dalam rangka mengenal budaya Indonesia kepada anak muda. Website interaktif dipilih sebagai media untuk menampilkan ilustrasi ini agar, ilustrasi dapat dinikmati secara 360 derajat. Karya ilustrasi ini akan dibuat dalam bentuk dunia 360 derajat yang diantaranya dunia camilan bertekstur empuk, lembek, renyah, dan kental. &nbsp;Ilustrasi dunia camilan digambar menggunakan perspektif panorama. Karya ilustrasi akan diaplikasikan pada objek 3D dengan menggunakan software bernama Unity kemudian akan dibangun atau diproyeksikan sebagai karya ilustrasi yang dapat dilihat dan diakses dalam bentuk website. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan pendekatan Model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi dan Evaluasi). Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan bahwa karya ilustrasi yang diproyeksikan pada website dapat menambahkan pengetahuan mengenai budaya Indonesia pada kategori camilan tradisional.</em></p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Amelia Agustina Herlijanto https://gestalt.upnjatim.ac.id/index.php/gestalt/article/view/164 Pembuatan Logo Desa Wanurejo sebagai Media dalam Pembelajaran Mata Kuliah Aplikasi Desain Grafis di Sekolah Vokasi IPB 2024-05-24T09:56:23+00:00 Muthiah Humaira Marwa muthiahhumaira05@gmail.com Devi Fedrianingsih muthiahhumaira05@gmail.com Shereen Alen muthiahhumaira05@gmail.com Amata Fami muthiahhumaira05@gmail.com <p>Perancangan identitas visual pada mata kuliah Aplikasi Desain Grafis di Sekolah Vokasi IPB menjadi bagian yang mendasar untuk dipelajari. Pembuatan logo pada mata kuliah ini merupakan sebuah inovasi pendidikan yang bertujuan untuk menggabungkan teori desain grafis dengan pengalaman praktis dalam konteks dunia nyata. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan pembelajaran mata kuliah Aplikasi Desain Grafis dengan proses pembuatan logo yang mencerminkan identitas dan nilai-nilai desa dengan mempertimbangkan kebutuhan dan harapan yang sesuai dengan <em>brief</em>. Pendekatan desain logo memanfaatkan 7 <em>Stage of a Creative Logo Design Process</em> yang dikembangkan oleh Erik Mesakki. Proses ini menjadi pedoman umum dalam merancang logo untuk beragam komunitas desain, karena mengikuti konsep tahapan ini akan menghasilkan logo yang sesuai, visual yang sempurna, dan memiliki makna yang kuat. Dengan penelitian ini, mahasiswa mampu memahami proses pembuatan logo, menghasilkan konsep, dan implementasi desain logo yang kuat untuk system identitas visual.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Muthiah Humaira Marwa, Devi Fedrianingsih, Shereen Alen, Amata Fami