Perancangan ILM Anti Doping Untuk Kalangan Mahasiswa Atlet UDINUS Semarang
DOI:
https://doi.org/10.33005/gestalt.v6i2.193Keywords:
atlet, doping, edukasi, mahasiswa, UdinusAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan iklan layanan masyarakat yang komunikatif dan informatif untuk mencegah penggunaan doping pada mahasiswa atlet di Universitas Dian Nuswantoro melalui media poster dan kampanye media sosial. Olahraga, sebagai fenomena global, mempersatukan budaya dan komunitas, namun atlet menghadapi tantangan seperti tekanan untuk tampil baik dan penggunaan doping yang mengancam integritas olahraga. Doping juga membahayakan kesehatan atlet dan memberi contoh buruk bagi generasi muda. Di Indonesia, banyak kasus doping yang merusak prestasi atlet, sehingga edukasi anti-doping sangat penting. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui literatur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan layanan masyarakat yang dirancang dengan ilustrasi dan grafis yang sesuai dapat meningkatkan kesadaran tentang bahaya doping dan pentingnya fair play. Kampanye ini diharapkan membentuk atlet yang sadar, kritis, dan beretika, serta menghindari penggunaan doping. Hasil rancangan ini mendukung IADO dalam mencegah penggunaan doping melalui media yang inovatif dan komunikatif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sinduro Astein Mirrob El , Daniar Wikan Setyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.