Penerapan Prinsip Nirmana Pada Penciptaan Karya Fotografi Makro

Authors

  • Daniar Wikan Setyanto Udinus Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33005/gestalt.v5i2.144

Keywords:

Fotografi Makro, Prinsip Nirmana, Komposisi Fotografi, Komposisi Warna, Prinsip tata letak

Abstract

Fotografi makro adalah genre fotografi yang berfokus pada pemotretan obyek dalam jarak sangat dekat dan berukuran kecil. Dengan fotografi makro kita bisa melihat detail dari benda atau obyek yang sulit dilihat oleh mata telanjang. Persoalannya adalah pada saat memotret makro fotografer memerlukan sebuah panduan komposisi agar bisa menghasilkan sebuah karya artistik. Disinilah peran nirmana dibutuhkan, melalui nirmana, fotografer bisa mendapatkan berbagai macam panduan artistik yang bisa mempercantik karya fotonya. Nirmana banyak mengeskplorasi prinsip seni rupa yang ada dalam fotografi seperti prinsip tata letak dan komposisi warna. Riset ini akan berfokus pada eksplorasi prinsip-prinsip nirmana dua dimensional (dwi matra). Penelitian ini penting karena akan  mengingatkan kembali peran nirmana dalam proses kreatif memotret. Menerapkan prinsip nirmana adalah sebuah upaya untuk “back to basic” dalam aktifitas memotret. Sedangkan untuk akademik, riset ini penting karena merupakan titik temu dari dua mata kuliah dasar keahlian yaitu MK Nirmana dan MK Fotografi yang terdapat diberbagai program studi di fakultas seni rupa dan desain. Tujuan dari riset ini adalah untuk menghasilkan karya fotografi makro yang sesuai dengan prinsip nirmana. Riset ini akan mengeksplorasi obyek-obyek sederhana yang seringkali ada disekitar kita seperti bunga, daun, dan serangga. Proses penciptaan fotografi dalam riset ini akan difokuskan pada implementasi prinsip nirmana sehingga apapun obyek yang difoto akan disertai dengan penjelasan tentang prinsip-prinsip nirmana yang dipakai sebagai panduan estetis dengan menggunakan metode accidental photography.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-27

How to Cite

Setyanto, D. W. (2023). Penerapan Prinsip Nirmana Pada Penciptaan Karya Fotografi Makro. GESTALT : JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 5(2), 83–94. https://doi.org/10.33005/gestalt.v5i2.144