Antara Seni dan Aktifitas Bisnis Mr.Kumkum Sebagai Art Toy Designer
DOI:
https://doi.org/10.33005/gestalt.v7i2.445Keywords:
Art Toy, Seni, BisnisAbstract
Fenomena Art Toy di Indonesia terus berkembang dengan ditandai mulai banyaknya kreator, munculnya berbagai event tahunan yang mendukung, dan berbagai tempat dan media yang menjual karya ini. Untuk kreator yang ingin masuk dalam skena ini mesti membangun identitas visual serta personal branding yang baik. Studi ini meneliti aktifitas branding Mr. Kumkum, seorang Art Toy Designer asal Bandung, melalui wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan analisis dokumen. Penelitian berfokus pada empat aktivitas brand utama: advertising, marketing, selling, dan branding. Hasil menunjukkan bahwa Mr. Kumkum memanfaatkan media sosial dan event internasional untuk meningkatkan kesadaran audiens (advertising), menjalin hubungan dengan komunitas melalui event offline (marketing), serta menerapkan strategi full commission dan limited edition dalam penjualan (selling). Identitas branding-nya dikembangkan melalui eksplorasi visual yang berangkat dari pengaruh gaya grafiti dan custom toy. Studi ini menegaskan bahwa personal branding dalam Art Toy tidak hanya bergantung pada konsistensi visual, tetapi juga adaptasi terhadap pasar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muchamad Rizky Zakaria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















