Representasi Identitas Visual Anak Disleksia dalam Desain Cover Lexipal
DOI:
https://doi.org/10.33005/gestalt.v7i1.441Keywords:
Representasi Visual, Identitas Visual, Anak Disleksia, Desain Cover, Desain InklusifAbstract
Saat ini perhatian terhadap kebutuhan khusus di dalam pendidikan dan desain meningkat. Salah satu kebutuhan penting adalah membuat media visual yang ramah untuk anak-anak yang sulit membaca. Visual anak-anak dalam desain LexiPal merupakan penting, karena visualisasi anak- anak dapat mencerminkan pemahaman tentang identitas, pengalaman belajar dan tantangan yang mengalami kesulitan untuk dibaca. Untuk menemukan identitas anak dalam penelitian ini adalah bagaimana desain cover LexiPal mewakili anak - anak dengan kesulitan membaca baik visual dan narasi untuk menarik keinginan belajar membaca. Serta cara elemen desain memenuhi kebutuhan dan karakteristik pengguna. Penelitian ini akan berkontribusi pada pengembangan desain terhadap kebutuhan anak disleksia dengan kebutuhan khusus, terutama di bidang pendidikan dan pengetahuan visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk metode analisis visual berdasarkan teori representatif dan prinsip-prinsip desain. Kesimpulannya representasi identitas visual dalam desain cover LexiPal tidak hanya membangun koneksi emosional dengan audiens anak-anak, tetapi juga memperkuat inklusivitas dalam desain produk edukasi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Octaviasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.