Perancangan Desain Booth sebagai Media Promosi dan Memperkuat Corporate Identity Agree Mart
DOI:
https://doi.org/10.33005/gestalt.v6i2.288Keywords:
coorporate identity, media promosi visual, agree mart, brand awareness, physical evidenceAbstract
Perkembangan teknologi membawa berbagai perubahan dalam bidang marketing. perusahaan dituntut untuk terus berinovasi guna tetap relevan dan mampu bersaing terutama dalam hal branding dan strategi promosi. Penelitian ini berfokus pada perancangan strategi pemasaran berbasis corporate identity dan media promosi visual untuk Agree Mart, anak perusahaan PT Telkom Indonesia yang bergerak di bidang digitalisasi sektor agribisnis. Meskipun telah memperkenalkan platform penjualan digital, Agree Mart menghadapi tantangan berupa rendahnya minat pembelian dan jumlah pengguna yang belum optimal. Hal ini menyebabkan Agree Mart kesulitan bersaing dengan platform lain seperti Sayur Box, Happy Fresh, dan Segari.id, yang telah berhasil membangun brand awareness mereka melalui media fisik seperti signage, booth, dan display produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi promosi yang digunakan oleh Agree Mart serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi rendahnya brand awareness dengan menggunakan pendekatan observasi lapangan, wawancara terbuka dengan mitra UMKM, dan survei kepuasan kepada pelanggan. penelitian ini berupaya memberikan rekomendasi strategi desain promosi yang inovatif dan efektif. Hasil penelitian memberikan solusi dalam penguatan corporate identity Agree Mart melalui pemanfaatan strategi omni channel yang mengintegrasikan media online dan offline yang lebih optimal, seperti booth, signage, dan packaging.Rekomendasi yang dihasilkan dapat membantu Agree Mart memperkuat posisinya di pasar digital, meningkatkan brand awareness, dan mendorong loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan pada implementasi strategi marketing mix 7P yang berfokus pada sektor bukti fisik (physical evidence), khususnya dalam konteks desain komunikasi visual pada pengaruh desain visual dalam membangun brand awareness pada pengembangan promosi offline untuk platform digital di Indonesia.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohd Ridho Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.