Bijak Makan: Instagram Campaign Mitigasi Perubahan Iklim dengan Strategi Kreatif Makanan Lokal Rendah Karbon

Authors

  • M Harun Rosyid Ridlo Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Exa Syafina Jullyan Risqita Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Fani Amalia Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33005/gestalt.v6i1.181

Keywords:

perubahan iklim, instagram, komunikasi visual

Abstract

Perubahan iklim menjadi isu yang selalu hangat diperbincangkan dalam beberapa dekade terakhir. Kendala utama komunikasi perubahan iklim adalah kurangnya kesadaran masyarakat soal urgensi dampak perubahan iklim. Masyarakat masih menganggap bahwa perubahan iklim adalah masalah sains, padahal berdampak besar pada kehidupan sosial. Maka, perlu adanya strategi komunikasi yang mudah diakses, berkaitan erat dengan audiens, dan mampu membangkitkan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi kreatif komunikasi melalui kampanye online di layanan jejaring sosial Instagram. Pesan utama dalam kampanye ini adalah mitigasi perubahan iklim melalui konsumsi makanan lokal rendah karbon. Proses perancangan dilakukan dengan metode desain yang terdiri dari discovery, planning, creative, dan application. Hasil perancangan dapat memberikan gambaran bagaimana menyusun strategi komunikasi kreatif dan visual dalam kampanye mitigasi perubahan iklim melalui layanan jejaring sosial Instagram.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Ridlo, M. H. R., Risqita, E. S. J., & Amalia, F. . (2024). Bijak Makan: Instagram Campaign Mitigasi Perubahan Iklim dengan Strategi Kreatif Makanan Lokal Rendah Karbon. GESTALT : JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.33005/gestalt.v6i1.181