Estetika Visual dalam Industri Hiburan Korea: Analisis Budaya Populer Y2K dalam KPop Group NewJeans

Authors

  • Amara Hayrani Himawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nanang Ganda Prawira

DOI:

https://doi.org/10.33005/gestalt.v6i1.174

Keywords:

K-pop, Budaya Visual, Konsep Y2K, New Jeans, Populer

Abstract

Estetika visual Year of 2000 yang mencakup elemen futuristik, warna cerah, dan inspirasi teknologi yang tampak dalam desain, mode, musik, dan budaya populer, menjadi tren nostalgia yang kembali diminati saat ini bermula dari sebuah Bug Y2KTop of Form. Tahun 2000 atau yang dikenal dengan istilah Y2K, merupakan tren populer dengan banyak peminat dan dimanfaatkan berbagai sektor sudah dapat dikategorikan dalam Budaya Visual. Salah satu sektor yang memanfaatkan tren ini adalah industri hiburan Korea tepatnya industri musik K-Pop. Pada 2022 HYBE dan ADOR memproduksi grup K-Pop dengan konsep yang berbeda dan menggunakan Y2K sebagai estetika dalam mengemas grupnya, yaitu NewJeans. Konsep yang segar dan unik jika dibandingan dengan kebanyakn grup korea masa kini membawa NewJeans pada popularitas luar biasa, belum genap 1 tahun NewJeans sudah mendapatkan banyak mempengaruhi tren-tren menjadi sangat populer.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Himawan, A. H., & Prawira, N. G. (2024). Estetika Visual dalam Industri Hiburan Korea: Analisis Budaya Populer Y2K dalam KPop Group NewJeans. GESTALT : JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 6(1), 51–60. https://doi.org/10.33005/gestalt.v6i1.174