Pembuatan Logo Desa Wanurejo sebagai Media dalam Pembelajaran Mata Kuliah Aplikasi Desain Grafis di Sekolah Vokasi IPB

Authors

  • Muthiah Humaira Marwa IPB University
  • Devi Fedrianingsih
  • Shereen Alen
  • Amata Fami

DOI:

https://doi.org/10.33005/gestalt.v6i1.164

Keywords:

Implementasi Logo, Identitas Visual, Brand Image

Abstract

Perancangan identitas visual pada mata kuliah Aplikasi Desain Grafis di Sekolah Vokasi IPB menjadi bagian yang mendasar untuk dipelajari. Pembuatan logo pada mata kuliah ini merupakan sebuah inovasi pendidikan yang bertujuan untuk menggabungkan teori desain grafis dengan pengalaman praktis dalam konteks dunia nyata. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan pembelajaran mata kuliah Aplikasi Desain Grafis dengan proses pembuatan logo yang mencerminkan identitas dan nilai-nilai desa dengan mempertimbangkan kebutuhan dan harapan yang sesuai dengan brief. Pendekatan desain logo memanfaatkan 7 Stage of a Creative Logo Design Process yang dikembangkan oleh Erik Mesakki. Proses ini menjadi pedoman umum dalam merancang logo untuk beragam komunitas desain, karena mengikuti konsep tahapan ini akan menghasilkan logo yang sesuai, visual yang sempurna, dan memiliki makna yang kuat. Dengan penelitian ini, mahasiswa mampu memahami proses pembuatan logo, menghasilkan konsep, dan implementasi desain logo yang kuat untuk system identitas visual.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Muthiah Humaira Marwa, Fedrianingsih, D. ., Alen, S. ., & Fami, A. (2024). Pembuatan Logo Desa Wanurejo sebagai Media dalam Pembelajaran Mata Kuliah Aplikasi Desain Grafis di Sekolah Vokasi IPB. GESTALT : JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 6(1), 69–78. https://doi.org/10.33005/gestalt.v6i1.164