Kajian Semiotika Visual Hubungan Kausalitas Hustle Culture Terhadap Kinerja Dan Motivasi Karyawan Dalam Iklan “The Underdog” Oleh Apple Inc.

Authors

  • Galih Putra Pamungkas Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Faiha Sekar Ayu Pramesty

DOI:

https://doi.org/10.33005/gestalt.v5i2.150

Abstract

Hustle Culture atau budaya kerja sangat keras menjadi kebiasaan yang saat ini menguat dengan pesat, akibat tuntutan dunia kerja, persaingan bisnis, tuntutan ekonomi yang keras pula. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kausalitas antara Hustle Culture terhadap kinerja dan motivasi karyawan dalam iklan “The Underdogs” oleh Apple Inc 2019. Teori Semiotika Pierce digunakan untuk menganalisis dan mendeskripsikan simbol, tanda dan pesan-pesan baik verbal / non-verbal yang terkandung dalam iklan tersebut. Hasil penelitian ini menjabarkan bahwa iklan “The Underdogs”, mengandung simbolisme Hustle Culture yang menggambarkan bagaimana seorang karyawan rendahan(underdog) dengan kerja keras dan tekad kuat melalui perjuangannya dapat menyelesaikan masalah dan melalui rintangan yang dihadapi. Penggunaan teks dialog yang begitu nyata dan faktual dengan keadaan lapangan di dunia kerja, serta penggunaan musik latar belakang serta permainan cahaya dan pemotongan adegan yang rapi memiliki peran yang sangat penting untuk menarik perhatian audience dan secara tak langsung menyampaikan pesan yang ada kepada audience.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Galih Putra Pamungkas, & Sekar Ayu Pramesty, F. . (2023). Kajian Semiotika Visual Hubungan Kausalitas Hustle Culture Terhadap Kinerja Dan Motivasi Karyawan Dalam Iklan “The Underdog” Oleh Apple Inc . GESTALT : JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 5(2), 15–28. https://doi.org/10.33005/gestalt.v5i2.150