Perancangan Feed Instagram Sebagai Konten Media Promosi Taman Baca Zahra

Authors

  • Ajeng Permata Nur Fitri STIKI Malang
  • Mahendra Wibawa STIKI Malang

DOI:

https://doi.org/10.33005/gestalt.v5i1.137

Keywords:

media promosi, taman baca, perancangan, instagram, ilustrasi

Abstract

Proses membaca merupakan faktor penentu kemajuan suatu bangsa. Tanpa disadari, manfaat membaca bisa menjadi banyak inspirasi bagi kita. Sayangnya, membaca akhir-akhir ini terabaikan oleh berbagai kalangan karena kesibukan dan juga media yang lebih praktis seperti TV, radio dan media online. Perancangan media promosi ini bertujuan untuk memperkenalkan Taman Baca Zahra kepada masyarakat sehingga dapat menarik minat pengunjung. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah Design Thinking atau biasa disebut metode pemikiran desain. Data yang dikumpulkan berasal dari wawancara, kuesioner dan observasi. Perancangan ini ditujukan kepada khalayak dengan sasaran terutama anak sekolah dasar mulai usia 7 hingga 12 tahun dan para orang tua untuk mendorong anak meningkatkan minat membacanya. Hasil yang didapatkan adalah media utama berupa media promosi yang dibuat berbasis media sosial instagram meliputi konten, feed, reels, video teaser, gif, story instagram dan media pendukung yang terdiri atas media cetak merchandise, poster, banner dan lain sebagainya. Hasil uji coba dari media yang dirancang menunjukkan bahwa konten yang diunggah menarik, dan informatif. Dengan adanya media pendukung lainnya perlahan meningkatkan pengunjung di Taman Baca Zahra dan kegiatan membaca menjadi kebiasaan untuk kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Nur Fitri, A. P., & Wibawa, M. (2023). Perancangan Feed Instagram Sebagai Konten Media Promosi Taman Baca Zahra. GESTALT : JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.33005/gestalt.v5i1.137