Persepsi Elemen Visual dan Layout User Interface Aplikasi Alfa Gift dan Klik Indomaret

Authors

  • Andra Rizky Yuwono STIE Ciputra Makassar, Indonesia
  • Niken Savitri Anggraeni STIE Ciputra Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33005/gestalt.v5i1.135

Abstract

Persepsi pengguna dibangun ketika menggunakan aplikasi, tampilan user interface e-commerce yang dianggap buruk dan susah dimengerti akan berakibat tidak terjadinya pembelian ulang oleh penggunanya. Masih ditemukan keluhan dan belum puas terhadap interface Klik Indomaret dan Alfa Gift, disebabkan oleh tampilan yang kompleks sehingga pembeli mengalami kesulitan untuk menemukan menu yang ingin dituju serta kendala yang lainnya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode komparatif antarmuka aplikasi Alfa Gift dan Klik Indomaret dengan pendekatan teori persepsi visual dan user interface. Hasil penelitian yaitu Alfa Gift dan Klik Indomaret menerapkan prinsip-prinsip gestalt yang membentuk persepsi pengguna dalam memahami dan mengelompokkan berbagai elemen visual interface menjadi satu kesatuan, terdapat kesamaan dan perbedaan persepsi terhadap kedua aplikasi. Selain itu, pengalaman terdahulu pengguna mempengaruhi persepsi mereka terhadap tampilan dan navigasi aplikasi, kesan familiar dapat membantu pengguna untuk dengan mudah memahami dan menggunakan aplikasi kedua aplikasi tersebut.

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Yuwono, A. R., & Anggraeni, N. S. (2023). Persepsi Elemen Visual dan Layout User Interface Aplikasi Alfa Gift dan Klik Indomaret. GESTALT : JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 5(1), 55–72. https://doi.org/10.33005/gestalt.v5i1.135