Destination Branding Desa Gapurosukolilo sebagai Desa Wisata Religi Kabupaten Gresik

  • Putri Dwitasari Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Nurina Orta Darmawati
  • Octaviyanti Dwi Wahyurini
Keywords: Kata Kunci: Branding Kawasan, Wisata Religi, Identitas, Potensi, Desa Gapurosukolilo

Abstract

Destination branding merupakan suatu cara untuk membangun persepsi maupun reputasi terhadap suatu kawasan. Dengan dibangunnya suatu branding, sebuah kawasan dapat mengkomunikasikan potensi dan nilai dari sebuah destinasi wisata. Desa Gapurosukolilo merupakan desa yang terletak di wilayah Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang memiliki potensi sebagai desa wisata religi “Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim”. Sebagai desa wisata religi, desa ini belum banyak dikenal sebagai desa Gapurosukolilo. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan narasumber terkait, observasi dan analisis SWOT. Tujuan perancangan ini adalah untuk memasarkan dan mempromosikan potensi yang ada dari Desa Gapurosukolilo sebagai salah satu desa wisata religi di Indonesia.  Dengan adanya perancangan ini diharapkan dapat memberikan identitas merek yang kuat agar bisa memberikan efek positif untuk kemudian menarik wisatawan berkunjung serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa.

Kata Kunci: Branding Kawasan, Wisata Religi, Identitas, Potensi, Desa Gapurosukolilo

Published
2022-11-14
How to Cite
Dwitasari, P., Darmawati, N., & Wahyurini, O. (2022). Destination Branding Desa Gapurosukolilo sebagai Desa Wisata Religi Kabupaten Gresik. Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(2), 29-36. https://doi.org/10.33005/gestalt.v4i2.121

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.