ANALISIS VISUAL POSTER FILM “PEREMPUAN TANAH JAHANAM (2019)” MENGGUNAKAN METODE ANALISIS CONTEXT, FORM, DAN CONTENT

  • Audrey Alicia Silverstan Universitas Pelita Harapan
  • Injo Cindy Priscilla Wiryanto Universitas Pelita Harapan
  • Medelyn Aurellia Universitas Pelita Harapan
  • Tamara Audrey Tamosee Universitas Pelita Harapan
  • Brian Alvin Hananto Universitas Pelita Harapan
Keywords: Perempuan Tanah Jahanam, Form, Konten, Konteks

Abstract

Dalam rangka melanjutkan penelitian tindakan kelas penulis, makalah ini akan membahas mengenai hasil analisis visual poster film “Perempuan Tanah Jahanam” dengan menggunakan metode analisis form, konten, dan konteks. Film “Perempuan Tanah Jahanam” adalah sebuah film horror yang memiliki poster yang berbeda dengan poster-poster film horror pada umumnya. Dengan menggunakan metode analisis form, konten, dan konteks, dapat dipahami bagaimana poster ini secara efektif mengkomunikasikan pesan dan kesan dari poster film itu. Metode ini merupakan sebuah materi utama dalam mata kuliah Metodologi Desain yang diselenggarakan pada Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pelita Harapan. Dengan demikian, pemahaman mahasiswa-mahasiswi akan metode ini dan keberhasilan mahasiwa-mahasiswi dalam menggunakan metode ini menjadi sebuah indikator dari keberhasilan penelitian tindakan kelas dan juga pelaksanaan kelas tersebut.

Published
2021-06-23
How to Cite
SilverstanA., WiryantoI., AurelliaM., TamoseeT., & HanantoB. (2021). ANALISIS VISUAL POSTER FILM “PEREMPUAN TANAH JAHANAM (2019)” MENGGUNAKAN METODE ANALISIS CONTEXT, FORM, DAN CONTENT. Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(1), 43-56. https://doi.org/10.33005/gestalt.v3i1.74

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.