KOREKSI SECARA REAL TIME BERBASIS DARING TERHADAP TUGAS PERKULIAHAN MAHASISWA DESAIN

  • Bonifacia Bulan Aruming Tyas Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
Keywords: Pendidikan Desain, Daring, Kolaborasi Seni dan Desain

Abstract

Masa pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak secara fisik masyarakat seluruh dunia, termasuk Indonesia. Masyarakat diminta untuk bekerja dari rumah dan melakukan segala kegiatan lainnya di rumah masing-masing. Tidak terkecuali untuk pendidikan, baik jenjang pendidikan dasar, lanjutan, atas, hingga perguruan tinggi. Pada perguruan tinggi yang berkecimpung di bidang desain, salah satunya desain komunikasi visual, tak jarang pengajar juga perlu memberikan perbaikan langsung pada karya visual mahasiswa. Perbaikan pada karya visual tersebut tentu mudah dilakukan bila konsultasi dilakukan saat berhadapan secara langsung. Artikel ini mempertanyakan kemungkinan terjadinya kolaborasi real time berbasis daring antara dosen dan mahasiswa desain komunikasi visual. Kolaborasi dalam ranah pendidikan, yang dalam penelitian ini untuk keperluan koreksi tugas desain, dapat menjadi contoh kolaborasi yang kedepannya dapat diterapkan sebagai kolaborasi digital antar seniman atau desainer. Adapun kolaborasi ini dapat terjadi setelah sebelumnya membentuk kelas virtual, hingga memungkinkan adanya kolaborasi secara real time. Penelitian ini mengangkat studi kasus konsultasi tugas desain poster melalui daring dengan media perantara berupa aplikasi Microsoft Teams. Dari uji coba serta penerapannya dalam konsultasi tugas mahasiswa, memungkinkan bahwa koreksi tugas desain dapat dilakukan secara real time oleh dosen dan langsung diterima hasilnya oleh mahasiswa saat itu juga.

References

Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. 2007. E-Learning pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(2), 99-113. Retrieved from http://www.jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/538
Hancock, D., Algozzine, B. 2014. Doing Case Study Research. New York: Teachers College Press.
Lynch, Marguerita. 2002. The Online Educator: A Guide to Creating the Virtual Classroom. London: Routledge Falmer Taylor & Fancis Group.
Microsoft Education Team. 2020. How Schools can Ramp Up Remote Learning Programs Quickly with Microsoft Teams. Microsoft Education Blog: https://educationblog.microsoft.com/en-us/2020/03/how-schools-can-ramp-up-remote-learning-programs-quickly-with-microsoft-teams/ diakses pada tanggal 5 September 2020
Pradja, BP., Baist, A. 2019. Analisis Kualitatif Penggunaan Mircrosoft Teams dalam Pembelajaran Kolaboratif Daring. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 4th SENATIK, Program Studi Pendidikan Matematika, FPMIPATI Universitas PGRI Semarang, 415-420. Retrivied from http://103.98.176.39/index.php/senatik/article/view/88
(https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/16-maret-2020-kemendikbud-dorong-pembelajaran-daring-bagi-kampus-di-wilayah-terdampak-covid-19/) diakses tanggal 21 Juli 2020
(https://www.instagram.com/p/CElQeTEFXti/) Akun Instagram resmi Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, Bantuan Kuota Internet bagi Dosen & Mahasiswa, diakses pada tanggal 8 September 2020
Published
2020-11-28