RELEVANSI MATA KULIAH SEJARAH DESAIN INDUSTRI TERHADAP PROSES KREATIF DUNIA INDUSTRI PRODUK

  • Putri Anggraeni Widyastuti Universitas Esa Unggul
  • Huddiansyah - -
Keywords: sejarah desain industri, proses kreatif, industri produk

Abstract

Sejarah desain industri merupakan mata kuliah yang diambil mahasiswa desain produk Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Esa Unggul, atau pun mahasiswa desain sejenis untuk mempelajari perkembangan produk per era (dengan kecirian fungsional dan estetika serta keterlibatan para tokoh dibaliknya) sebagai pengetahuan dasar dalam merancang produk. Sayangnya perkuliahan ini sering dilupakan mahasiswa saat menempuh semester selanjutnya. Hal ini berakibat bagi mereka ketika masuk dunia kerja baik sebagai alumni atau peserta magang yang kurang memahami proses kreatif dalam perancangan desain di dunia industri produk. Oleh karena itulah, penelitian ini diangkat agar dapat menemukan relevansi mata kuliah ini terhadap proses kreatif dunia industri produk, dan para peserta didik prodi Desain Produk ini maupun alumninya menjadi objek penelitian kali ini. Metode fenomenologi ini dilakukan dengan melibatkan objek penelitian sebagai partisipatori atau participatory action reseach (PAR). Tujuan penelitian ini untuk memberikan masukan berupa analisa relevansi mata kuliah sejarah desain industri terhadap proses kreatif dunia industri produk bagi pihak-pihak terkait.

References

André Grilo, Why Semiotics Matters In Product Design, https://medium.com/@andregrilo/why-semiotics-matters-in-product-design-43ec49d11d04, diakses tanggal 14 April 2020.
Baskaran, Laskmi. (2005). Design of Times. London. RotoVision.
Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. (2019). Modul Kekayaan Intelektual. Jakarta. Kementerian Hukum dan HAM RI.
Indonesia Trend Forecasting, Peluncuran Trend Forecast 19/20, https://trendforecasting.id/event/Information/219-peluncuran-trend-forecast-1920, diakses 10 September 2020.
Masri, Andry. (2010). Strategi Visual. Yogyakarta. Jalasutra.
Masri, Andry. (2018). Buku Craft dan Desain di Indonesia, Sudut Pandang Akademik dan Pelaku. Bandung. Aliansi Desain Produk Industri Indonesia.
Mayana, R.F. (2011). Perlindungan Desain Industri di Indonesia dan Ketentuan Internasional di Bidang Desain Industri. Panitia Pelatihan Konsultan Hak Kekayaan Intelektual.
Siebenbrodt, Michael, Lutz Schöbe. (2009). Bauhaus 1919 – 1933 Weimar – Dessau – Berlin. New York. Parkstone International.
Sumartono. (2020). Instabilitas Makna Desain Produk. Jurnal Inosains. Vol. 15. No. 1. Jakarta. Universitas Esa Unggul.
Tabrani, Primadi (2015). Pendidikan Seni, Hubungannya Dengan Ambang Sadar, Imajinasi Dan Kreativitas Serta Manfaatnya Untuk Proses Belajar Yang Bermutu. Vol. 7. No. 1. Jurnal Komunikasi Visual dan Multimedia. Bandung. Institut Teknologi Bandung.
Tabrani, Primadi. (1998). Proses Kreasi, Apresiasi, Belajar. Bandung. Penerbit ITB.
Published
2020-11-28