ANALISA AKUSTIK STUDIO AUDIO VIDEO RECORDING AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PACITAN

  • Eka Dwi Nurcahya Akademi Komunitas Negeri Pacitan
  • Citra R Prameswari
Keywords: akustik ruang, audio, sound level, noise, transmission loss.

Abstract

Nilai akustik Ruang adalah salah satu perangkat penting dalam proses rekording. Akademi komunitas Negeri Pacitan telah mempunyai studio audio video yang digunakan untuk praktikum. Akan tetapi belum ada fasilitas untuk melakukan recording audio yang baik seperti ruang kedap suara. Penulis berusaha membuat analisis akustik ruang di studio audio video dengan tujuan dapat menjadi bahan dan dasar untuk membuat studio audio yang baik. Pengukuran noise suara dari berbagai sudut ruang dilakukan untuk mendapatkan data awal sebelum ruang kedap suara dibuat. Data ini akan di analisa dengan formula pengujian ruang akustik. Pengukuran dilakukan menggunakan sound level meter dan fft analyzer untuk menganilsa hasil suara yang telah diredam. Sumber suara yang diujikan adalah suara letupan balon yang dikeraskan dengan sound. Hasil dari penelitian ini noise criteria mencatat lebih dari 30 dB, yang berarti tergolong bising untuk studio audio, noise ini masih di dominasi oleh suara pendingin suara. Reverberation Time waktu dengung juga mencapai 5 detik yang berarti akan memungkinkan feedback suara. Transmission loss yang dihasilkan adalah 21,5 yang masih dikatagorikan sangat rendah.

Published
2021-06-23
How to Cite
NurcahyaE., & PrameswariC. (2021). ANALISA AKUSTIK STUDIO AUDIO VIDEO RECORDING AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PACITAN. Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(1), 19-28. https://doi.org/10.33005/gestalt.v3i1.60

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.