STUDI ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI KESEHATAN PAYUDARA WANITA PADA SMARTPHONE

  • Diana Aqidatun Nisa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Keywords: aplikasi smartphone, Kanker payudara, perempuan, antarmuka

Abstract

Internet memberikan pengaruh yang luar biasa dalam kehidupan manusia terlebih dalam kapasitas penyedia informasi. Dengan kehadiran internet, kampanye sadar bahaya kanker payudara di Indonesia bisa lebih ditingkatkan tidak hanya dari media kampanye konvensional. Periksa payudara sendiri (SADARI) harus dilakukan secara rutin. Oleh karena itu, salah satu media yang bisa dipakai adalah aplikasi smartphone. Studi eksisting antarmuka ini menggunakan aplikasi yang sudah ada yaitu Early Detection Plan dan Check Yourself!. Selain untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan juga berguna sebagai pengetahuan mendesain tampilan aplikasi yang menarik dan dipahami oleh pengguna yaitu remaja perempuan usia 15-20 tahun. Tampilan ini berhubungan dengan grafis, icon, tipografi, warna, navigasi, layout dan komposisi yang bisa mempengaruhi usability. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diperoleh dari wawancara, observasi dan kepustakaan. Data tersebut diolah sehingga dapat menghasilkan pertimbangan yang terdiri dari margin konten, warna yang sesuai dengan usia target pengguna, ukuran gambar, jenis dan ukuran font pada halaman aplikasi.

 

References

APJII. (2019). Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. Retrieved from https://apjii.or.id/survei diakses tanggal 1 agustus 2019
Beaird, Jason, james G., (2016). The Principle of Beautiful Web Design. Yogyakarta: Penerbit Andi
Cousins, C. (2013). Flat Design: Can You Benefit from the Trend?. Data diperoleh melalui situs internet: www.designmodo.com/flat-design/
Helsper, E., & Enyon,R. (2009).Digital Native: Where is the Evidence? London School of Economics adn Political Science. Data diperoleh melalui situs internet:http://eprints.lse.ac.uk/27739/1/Digital_natives_%28LSERO%29.pdf. Diakses pada tanggal 26 Desember 2015.
Keep A Breast Foundation. (2014). Check Yourself!. Diperoleh melalui situs internet:https://play.google.com/store/apps/details?id=org.keep_a_breast.keepabreast&hl=en. Diakses pada tanggal 16 Februari 2016.
National Breast Cancer Foundation. (2015). Early Detection Plan. Diperoleh melalui situs internet: https://play.google.com/ store/apps/ details?id=com. nbcf.e dp&hl=en. Diakses pada tanggal 16 Februari 2016.
Ventola, C. L. (2014): Mobile Devices and apps for Health Care Professionals: Uses and Benefits. Data diperoleh melalui situs internet: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/ PMC4029126/. Diakses pada tanggal 17 Maret 2015.
Yayasan Kanker Indonesia. Situs internet: yayasankankerindonesia.org. diakses pada tanggal 26 Mei 2016
Published
2019-12-26
How to Cite
Nisa, D. (2019). STUDI ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI KESEHATAN PAYUDARA WANITA PADA SMARTPHONE. Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(2), 255-264. https://doi.org/10.33005/gestalt.v1i2.43

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.