MITOS ‘SPBU MASA DEPAN’ PADA INFOGRAFIK MAJALAH NATIONAL GEOGRAPHIC

  • Senja Aprela Agustin institut teknologi sepuluh nopember surabaya
Keywords: semiotic, graphic information, myth

Abstract

Semiotika sebagai ilmu tentang tanda dapat dimanfaatkan untuk menafsir teks visual, salah satunya infografik. Teks yang terbentuk atas kombinasi elemen tanda-tanda visual yang muncul dapat ditelisik maknanya, mulai dari yang tampak hingga makna terdalam seperti mitos dalam masyarakat modern. Infografik yang berjudul ‘SPBU Masa Depan’ pada Majalah National Geographic ini memiliki makna yang sarat ideologis mengenai masyarakat ideal masa depan yang lebih berwawasan lingkungan. Melalui tanda-tanda visualnya, mitos ini dapat ditelusuri dengan menggunakan metode semiotika struktural Roland Barthes. Konsep semiotika milik Barthes salah satunya adalah tingkatan tanda yang dimulai dari denotasi dan konotasi yang nantinya akan berkembang menjadi mitos dan jika mantap akan menjadi sebuah ideologi.

 

Kata Kunci: semiotika, infografik, mitos

References

Barthes, Roland. 2004. Mitologi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Chandler, Daniel. 2007. Semiotic: The Basics. New York: Routledge.

Hoed, Benny H.. 2007. Semiotika dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UI Depok.

Fiske, John. 2004. Cultural and Communication Studies: Sebuah Penghantar paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Published
2019-11-28
How to Cite
Agustin, S. (2019). MITOS ‘SPBU MASA DEPAN’ PADA INFOGRAFIK MAJALAH NATIONAL GEOGRAPHIC. Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(2), 169-176. https://doi.org/10.33005/gestalt.v1i02.38

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.