Perancangan Kemasan Produk OIKIO Surabaya

  • Mohammad Hafil Pratama UPN VETERAN "JAWA TIMUR"
  • Aileena Solicitor Costarica R.E.C
Keywords: Kemasan, Oikio, Re-Branding

Abstract

Oikio adalah makanan ringan yang terbuat dari olahan kacang almond yang diproduksi oleh UD. Pawon Kue berlokasi di Surabaya. Produk Oikio merupakan produk homemade yang dibuat langsung oleh pemiliknya yaitu Ibu Choirul Mahpuhduah yang selalu menjaga kualitas dan kebersihannya. Tujuan dari perancangan ini adalah agar Oikio membutuhkan pembaruan untuk kemasan produknya. Hal ini dikarenakan Oikio telah melakukan re-branding yang sebelumnya bernama Pawon Kue menjadi Oikio. Perancangan ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yaitu dengan mewawancarai pemilik Oikio serta melakukan observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Dalam perancangan ini menggunakan metode analisis TOWS bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang (strengths and opportunity) dari merek Oikio dari dalam (internal) serta untuk memperbaiki dan mencari solusi atas kelemahan dan ancaman (threats and Weakness) dari luaR. Konsep yang akan digunakan untuk packaging Oikio adalah packaging yang modern dan menggambarkan kesan ceria dan bahagia seperti re-branding yang pernah dilakukan Oikio sebelumnya.

Published
2022-05-31
How to Cite
Pratama, M., & Costarica R.E.C, A. (2022). Perancangan Kemasan Produk OIKIO Surabaya. Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1), 43-56. https://doi.org/10.33005/gestalt.v4i1.108

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.